30 Mar 2009

Cara membuat sim C

Untuk Anda yang ingin membuat SIM C baru dengan jalur / mekanisme yang sebenernya alias tanpa calo, maka diharapkan pengalaman saya ini sedikit banyak bisa menambah "ilmu" Anda :

1. Lokasi : tempat pembuatan SIM C Jakarta sampai saat ini terpusat di Satpas Polda Metro Jaya Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat. Untuk rute perjalanan bisa menggunakan busway, meski rada muter2 dikit.

2. Waktu : Senin - Sabtu. Khusus Sabtu, pelayanan SIM hanya setengah hari

3. Persiapan pembuatan

Dokumen yang dibawa : cukup KTP asli dan poto kopi (buat antisipasi untuk kopiannya ya minimal 5 lah, kemarin sih sampe diminta 4 aja)

Biaya : minimal 110 ribu (klo saya kemarin cuma abis 100 ribu, rinciannya biaya formulir 10 ribu, asuransi 15 ribu, permohonan SIM 75 ribu). klo yang ujian manual, harus ada biaya tambahan untuk beli pensil 2B (komputer). klo bisa siapin dari rumah deh pensil dan pulpen (jika diperlukan). nah klo yq mau pakai calo, ya bisa di atas 300 ribu kali.

Materi Ujian : Kesehatan, Teori ama Praktek,
klo kesehatan 99,9999 lulus lah .. wong cuma disuruh tutup mata kanan/kiri terus baca angka2 di depan kita yang relatif jaraknya dekat (2-3 meteran), bisa lah terlihat .. so di sini lulus

untuk Teori : sekitar rambu lalu lintas dan studi kasus. Kebanyakan adalah model kasus di persimpangan jalan.
Batasan kelulusan teori : 60% dari 30 soal atau minimal 18 soal. klo ujian teori menggunakan komputer, kita diminta mengerjakan seluruh soal dengan alokasi waktu 15 menit, jadi kasarnya 1 soal setengah menit dan pas diakhir ujian langsung muncul otomatis hasil ujian teori kita, jumlah benar dan salahnya, lulus tidaknya. sedang yg manual pakai pensil, mesti sabar lah nunggu hasilnya.

klo praktek, ada 3 materi (berurutan) : track lurus, angka 8 dan zigzag. kebanyakan gagal di track lurus karena lebar lintasan yang sangat sempit dan di zigzag karena harus menyeimbangkan depan dan belakang motor dan jarak antar zig-zag juga mepet
Batasan kelulusan praktek :
- tidak lebih dari 2 penanda (kaleng) yang jatuh. di track lurus, kanan kiri ada 5 pasang (10 buah), di putaran 8 ada 9 buah dan di track zig-zag kayanya ada 8-an juga. jadi minimal ada 25 buah penanda di ujian praktek.
- kaki tidak pernah jatuh ke tanah
- mentaati aturannya .. suruh lurus ya lurus, suruh zigzag ya zigzag ga sebaliknya

4. Step2nya (silakan koreksi klo salah)
- Dateng ke Satpas di jalan Daan Mogot, klo perlu pagi2 biar ngga kesiangan/kesorean untuk seleksi dan macem2nya .. maklum jg, orang yang ngantri buannyak banget
- Ambil formulir sambil nyerahin ktp asli dan kopiannya. keluarin uang 10 ribu buat beli formulir.
- terus masuk tes ksehatan .. disini lulus deh (lihat materi ujian point 3)
- terus baru urus berkas2 administrasi (ke loket asuransi kecelakaan bayar 15 ribu terus masuk ke loket permohonan pembuatan sim c bayar 75 ribu)
- udah gitu masuk deh ujian teori (bisa pilih manual atau komputer). saya lebih suka pakai komputer, lebih jelas hasil nya (lihat point 3 di atas, materi ujian). Waktu kemarin saya lulus, benar 18 soal dari 30 soal.
- tunggu deh hasil resmi kelulusannya dari loket 5 ...
- klo udah dinyatakan lulus, terus ke ujian praktikum mengendari motor. Sampel motor nya Honda Supra (lihat materi ujian point 3)
- klo lulus sesuai batas kelulusan (spt point sebelumnya), maka berkas2 nya ntar dikembalikan dan diarahkan menuju loket poto dan data diri di SIM C, seperti verifikasi nama dll, juga tanda tangan
- terakhir, nunggu di loket 10 untuk menerima SIM C

3 komentar:

bonoes mengatakan...

sulit jg bro, klo yg pke calo tinggal ngapain aje tuh?

mimit mengatakan...

tx gan. infonya jelas banget :)

Anonim mengatakan...

Ada trik-trik yang harus dilakukan agar lulus. Coba lihat di pengalaman untuk mendapatkan SIM C secara legal (tanpa calo) dengan 1x percobaan di http://michsan.web.id/content/bagaimana-ujian-sim-c-secara-sukses-di-satpas-daan-mogot